|
2012
|
|
Disusun Oleh:
Lusi susilawati
AKADEMI KEBIDANAN
PELITA ILMU
|
|
MAKALAH ILMU SOSIAL BUDAYA
Pendekatan Sosial Budaya dalam praktek kebidanan melalui pesantren
|
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat serta karunia-Nya kepada kami,sehingga kami berhasil menyelesaikan
Makalah Ilmu Sosial Dan Budaya yang Alhamdulillah tepat pada waktunya yang
berjudul “Pendekatan Sosial Budaya Dalam Praktek Kebidanan Melalui Pendekatan
Pesantren”.
Makalah ini berisikan informasi tentangPendekatan Ilmu Sosial Budaya Dalam
Praktek Kebidanan Melalui Pendekatan Pesantren.Diharapkan makalah ini dapat
memberikan informasi serta pengetahuan dan wawasan baru tentang tema yang kita
bahas diatas.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna,oleh karena
itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami
harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata,kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah
berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir.Semoga Allah
SWT senantiasa meridhai segala urusan kita. Amin.
Penulis, Juni
2012
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
·
Sosial
Budaya dalam Pesantren
Sosial Budaya
mencakup pola kehidupan masyarakat sesuai dengan hasil pemikiran atau adat
istiadat masyarakat tertentu. Nah ketika masalah sosialbudaya ditelaah dalam
kehidupan pesantren maka yang terlihat tentulah berbedadengan pola kehidupan
masayarakat luar. Karena pondok pesantren (biasanya juga disebut pondok saja)
merupakan sekolah Islamberasrama (Islamic boarding school). Parasantri (pelajar pesantren) belajar padasekolah
ini sekaligus tinggal pada asrama yang disediakan pesantren. Biasanyapesantren
dipimpin oleh seorang kiai/kyai. Untuk mengaturkehidupan pondok pesantren, kyai
menujuk seorang santri senior untuk mengaturadik kelasnya, mereka biasanya
disebut Lurah Pondok. Pesantren adalah sekolahpendidikan umum yang persentase
ajarannya lebih banyak ilmu-ilmu pendidikanagama Islam daripada ilmu umum.
Bahkan ada pula pesantren yang hanyamengajarkan ilmu agama Islam saja, umumnya
disebut Pesantren
Salaf.
Jadi kehidupan
dalam pesantren memiliki sistem tersendiri yang berbeda dengankehidupan luar
namun tidak bertentangan dengan system kehidupan yang dianutbangsa kita. dunia
pesantren merupakan representrasi miniatur kehidupan riil dimasyarakat. Tapi,
pesantren bukan benar-benar gambaran nyata masyarakat secaraumum, sebab unsur-unsur
sosialnya kurang beragam dibanding unsur-unsur sosialmasyarakat yang lebih
besar. Di pesantren, unsur-unsur sosial pokoknya taklebih dari kiai sebagai
figur sentral, guru-guru atau asatizah sebagaipembantu kiai,
dan para santri. Kalau pun ada anasir sosial lain di luar anasirpokok, seperti
tukang masak, tukang kebun, dan para pekerja lainnya, perannyatak lebih sebagai
pelengkap miniatur masyarakat pokok saja. Artinya, pesantrendapat disebut
miniatur masyarakat yang memang kurang lengkap. Sebagian menyebutistilah
sub-kultur dari kultur masyarakat yang lebih besar untuk pesantren.
Fasilitas-fasilitaskehidupan
masyarakat pesantren juga terbatas. Yang paling pokok tentulahmasjid, bangungan
sekolah atau madrasah, pemondokan atau asrama, danfasilitas-fasilitas penunjang
lainnya. Di pesantren tentu tidak dijumpaisarana-sarana hiburan, seperti taman,
mal, cafe, bioskop, danfasilitas-fasilitas penunjang kenikmatan hidup lainnya.
Tapi justru karenaketidaklengkapan unsur-unsur sosial dan fasilitas penunjang
kenikmatan hidupitulah pesantren dapat membangun dunia idealnya sendiri. Di
pesantren dengansistem asrama yang kurang menyatu dengan masyarakat, nuansa
dunia ideal atau baldatunthayyibatun wa rabbun ghafur itu
terasa sangat kuat.
1.2
Rumusan Masalah
pendekatan
social budaya dalam praktek kebidanan melalui pendekatan pesantren?
1.3
Tujuan Penelitian
1. Mendapatkan jawaban dari
serangkaian rumusan masalah diatas
2.
Memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang pendekatan social budaya dalam praktek kebidanan melalui pendekatan pesantren
3. Memberikan informasi
yang tepat kepada pembaca tentang bagaimana pendekatan pesantren
1.4
Manfaat Penelitian
Dapat memberikan pengetahuan tentang
pendekatan social budaya dalam praktek
kebidanan melalui pendekatan pesantren
BABII
PEMBAHASAN
2.1 Pendekatan Sosial Budaya dalam praktek kebidanan
melalui pesantren
Kebidanan
Kebidanan sendiri merupakan bagian integral dari sistim
kesehatan dan berkaitan dengan segala sesuatu yang menyangkut pendidikan,
praktek dan kode etik bidan dimana dalam memberikan pelayanannya mengyakini
bahwa kehamilan dan persalinan adalah suatu proses fisiologi normaldan bukan
merupakan penyakit, walaupun pada beberapa kasus mungkinberkomplikasi sejak
awal karena kondisi tertentu atau komplikasi bisa timbul kemudian. Fungsi
kebidanan adalah untuk memastikan kesejahteraan ibu dan janin/ bayinya,
bermitra dengan perempuan, menghormati martabat dan memberdayakansegala potensi
yang ada padanya, termasuk proses penjaminan kesehatan ibu danbayinya serta
untuk menghindari kasus gizi buruk bagi bayi.
Kemudian praktek
kebidanan adalah asuhan yangdiberikan oleh bidan secara mandiri baik pada
perempuan yang menyangkut prosesreproduksi, kesejahteraan ibu dan janin /
bayinya, masa antara dalam lingkuppraktek kebidanan juga termasuk pendidikan
kesehatan dalam hal prosesreproduksi untuk keluarga dan komunitasnya.
Praktek kebidanan berdasarkan prinsip kemitraan denganperempuan, bersifat holistik dan menyatukannya dengan pemahaman akan pengaruhsosial, emosional, budaya, spiritual, psikologi dan fisik dari pengalamanreproduksinya.
Praktek kebidanan bertujuan menurunkan / menekan mortalitasdan morbilitas ibu dan bayi yang berdasarkan ilmu-ilmu kebidanan, kesehatan,medis dan sosial untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan ibudan janin / bayinya.
Praktek kebidanan berdasarkan prinsip kemitraan denganperempuan, bersifat holistik dan menyatukannya dengan pemahaman akan pengaruhsosial, emosional, budaya, spiritual, psikologi dan fisik dari pengalamanreproduksinya.
Praktek kebidanan bertujuan menurunkan / menekan mortalitasdan morbilitas ibu dan bayi yang berdasarkan ilmu-ilmu kebidanan, kesehatan,medis dan sosial untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan ibudan janin / bayinya.
Pendekatan Sosial Budaya dalam praktek
kebidanan melalui pesantren
dalam praktek kebidanan melalui pesantren sebagaisalah
satu alternativ pemecahan masalah dalam bidang kesehatan. Saat ini
pesantren diharapkan dapat berperan aktif dalam upayamemberdayakan masyarakat
menuju perilaku hidup bersih dan sehat, karena Pondokpesantren dianggap mampu
menjadi penggerak masyarakat baik di bidang agama,sosial, maupun ekonomi.
CARA PENDEKATAN SOSIAL BUDAYA DALAM PRAKTEK KEBIDANAN
MELALUI PENDEKATAN AGAMA
Agama dapat memberikan petunjuk/pedoman pada umat manusia
dalam menjalani hidup meliputi seluruh aspek kehidupan. Selain itu agama juga
dapat membantu umat manusia dalam memecahkan berbagai masalah hidup yang sedang
dihadapi. Adapun aspek-aspek pendekatan melalui agama dalam memberikan
pelayanan kebidanan dan kesehatan diantaranya :
1. Agama memberikan petunjuk kepada manusia untuk selalu menjaga kesehatannya.
2. Agama memberikan dorongan batin dan moral yang mendasar dan melandasi cita-cita dan perilaku manusia dalam menjalani kehidupan yang bermanfaat baik bagi dirinya, keluarga, masyarakat serta bangsa.
3. Agama mengharuskan umat manusia untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam segala aktivitasnya
4. Agama dapat menghindarkan umat manusia dari segala hal-hal/perbuatan yang bertentangan dengan ajarannya.
1. Agama memberikan petunjuk kepada manusia untuk selalu menjaga kesehatannya.
2. Agama memberikan dorongan batin dan moral yang mendasar dan melandasi cita-cita dan perilaku manusia dalam menjalani kehidupan yang bermanfaat baik bagi dirinya, keluarga, masyarakat serta bangsa.
3. Agama mengharuskan umat manusia untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam segala aktivitasnya
4. Agama dapat menghindarkan umat manusia dari segala hal-hal/perbuatan yang bertentangan dengan ajarannya.
Berbagai aspek agama dalam memberikan
pelayanan kesehatan terdiri dari upaya-upaya pelayanan kesehatan yang ditinjau
dari segi agama, diantaranya :
A. Upaya pemeliharaan kesehatan
Upaya dini yang dilakukan dalam pemeliharaan kesehatan dimulai sejak ibu hamil yaitu sejak janin di dalam kandungan. Hal tersebut bertujuan agar bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat begitu juga dengan ibunya. Kesehatan merupakan faktor utama bagi umat manusia untuk dapat melakukan/menjalani hidup dengan baik sehingga dapat terhindari dari berbagai penyakit dan kecacatan. Ada beberapa langkah yang dapat memberikan tuntunan bagi umat manusia untuk memelihara kesehatan yang dianjurkanoleh agama antara lain :
1. Makan makanan yang bergizi
2. Menjaga kebersihan (Hadist mengatakan : kebersihan sebagian dari iman)
3. Berolah raga
4. Pengobatan diwaktu sakit
B. Upaya pencegahan penyakit
Dalam ajaran agama pencegahan penyakit lebih baik dari pada pengobatan di waktu sakit.
Adapun upaya-upaya pencegahan penyakit antara lain:
1. Dengan pemberian imunisasi
Imunisasi dapat diberikan kepada bayi dan balita, ibu hamil, WUS, murid SD kelas 1 sampai kelas 3.
2. Pemberian ASI pada anak sampai berusia 2 tahun
(Surah Al-Baqarah ayat 233). Ayat tersebut pada dasarnya memerintahkan seorang ibu untuk menyusui bayinya dengan ASI sampai ia berusia 2 tahun.
3. Memberikan penyuluhan kesehatan. Dapat dilakukan pada kelompok pengajian, atau kelompok-kelompok kegiatan keagamaan lainnya.
C. Upaya pengobatan penyakit
Nabi saw bersabda : ” Bagi setiap penyakit yang diturunkan Allah, ada obat yang diturunkan-Nya.”
Dalam hati ini umat manusia dinjurkan untuk berobat jika sakit.
Pandangan agama (agama Islam) terhadap pelayanan Keluarga Berencana. Ada dua pendapat mengenai hal tersebui yaitu memperbolehkan dan melarang penggunaan alat kontrasepsi. Karena ada beberapa ulama yang .mengatakan penggunaan alat kontrasepsi itu adalah sesuatu/hal yang sangat bertentangan dengan ajaran agama karena berlawanan dengan takdir/kehendak Allah. Pendapat/pandangan agama (agama Islam) dalam pemakaian IUD. Ada dua pendapat yaitu memperbolehkan / menghalalkan dan melarang / mengharamkan.
Pendapat / pandangan agama yang memperbolehkan/menghalalkan pemakaian kontrasepsi IUD :
a. Pemakaian IUD bertujuan menjarangkan kehamilan.
Dengan menggunakan kontrasepsi tersebut keluarga dapat merencanakan jarak kehamilan sehingga ibu tersebut dapat menjaga kesehatan ibu, anak dan keluarga dengan baik.
b. Pemakaian IUD bertujuan menghentikan kehamilan.
Jika didalam suatu keluarga memiliki jumlah anak yang banyak, tentunya sangat merepotkan dan membebani perekonomian keluarga. Selain itu bertujuan memberikan rasa aman kepada ibu. Karena persalinan dengan factor resiko/resiko tinggi dapat mengancam keselamatan jiwa ibu. Agar ibu dapat beristirahat waktu keseharian ibu tidak hanya digunakan untuk mengurusi anak dan keluarga.
Pendapat/pandangan agama yang melarang/mengharamkan pemakaian kontrasepsi IUD :
a. Pemakaian IUD bersifat aborsi, bukan kontrasepsi
b. Mekanisme IUD belum jelas, karena IUD dalam rahim tidak menghalangi pembuahan sel telur bahkan adanya IUD sel mani masih dapat masuk dan dapat membuahi sel telur (masih ada kegagalan).
c. Pemakaian IUD dan sejenisnya tidak dibenarkan selama masih ada obat-obatan dan alat lainnya. Selain itu pada waktu pemasangan dan pengontrolan IUD harus dilakukan dengan melihat aura wanita.
Pelayanan kotrasepsi system operasi yaitu MOP dan MOW juga mempunyai dua pendapat/pandangan yaitu memperbolehkan dan melarang. Pendapat/pandangan yang memperbolehkan:
a. Apabila pasangan suami istri dalam keadaan yang sangat terpaksa dalam kaedah hukum (Islam) mengatakan ” Keadaan darurat memperbolehkan hal-hal yang dilarang dengan alasan kesehatan/keselamatan jiwa “.
b. Begilu. juga halnya mengenai melihat aura orang lain apabila diperlukan untuk kepentingan pemeriksaan dan tindakan hal tersebut dapat dibenarkan.
Pandangan/pendapat yang melarang :
a. Sterilisasi berakhir dengan kemandulan. Hal ini bertentangan dengan tujuan utama perkawinan yang mengatakan bahwa perkawinan bertujuan untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat juga untuk mendapatkan keturunan.
b. Mengubah ciptaan Tuhan dengan cara memotong atau mengikat sebagian tubuh yang sehat dan berfungsi (saluran mani/tuba).
c. Dengan melihat aura orang lain
BAB III
Penutup
KESIMPULAN
Ketika pesantren mengaktifkan praktek kebidanan maka ini berarti pesantren
tidak hanya menjadi wadah yang menyampaikan pesan agamatetapi juga pesantren
telah menyampaikan pesan kesehatan dan ini sesuai dengan nilai-nilai agama
islam yang kita anut, dimana agama menekankan kepada kitauntuk menjaga
kebersihan dan kesehatan, karena merupakan bahagian dari iman.
Jadi dengan adanya peraktek kebidanan dalam pesantern maka diharapkan hal
ini dapat meningkatkan kondisi atau derajat kesehatan dan status gizi
masyarakat yang masih memprihatinkan demi pencapaian kesejahteraan social.
SARAN
Kebersihan sebagian
dari iman. Slogan yang begitu terkenal itu menjadi pemicu bagi umat untuk
senantiasa menjaga kebersihan, rohani maupun jasmani. Barang siapa yangdalam
keseharian mampu menjalankan pola hidup sehat baik di lingkungan maupunpribadi,
maka hal itu akan berdampak pada peningkatan kualitas imannya.
Dan itu menjadi
sebuah langkah efektif ketika diterapkan dalam pondok pesantren sebagai salah
“miniatur masyarakat”, meskipun kehidupan sosial budaya dalam pesantren berbeda
dengan kebanyakan kehidupan sosial budaya masyarakat yang ada diluar pesantren.
DAFTAR PUSTAKA
mba saya izin copas ya..
BalasHapusmakasih mbaa :))